Tauktae Terjang India, 89 Orang Masih Hilang

  • Bagikan
Siklon Tauktae (Foto: AP Photo/Rafiq Maqbool)

JAKARTA – Delapan puluh sembilan orang masih hilang di India dan ratusan ribu orang tanpa aliran listrik pada hari Rabu (19/5) setelah topan besar menghantam negara tersebut. Siklon Tauktae ini menambah kesengsaraan negara itu yang tengah mengalami rekor kematian harian akibat COVID-19.

Menghantam pantai barat India pada Selasa (18/05/21) malam waktu setempat, Siklon Tauktae ini merupakan yang terbaru dari apa yang dikatakan para ahli sebagai peningkatan jumlah badai yang lebih besar di Laut Arab karena perubahan iklim yang menghangatkan perairannya.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (19/05/21), Kementerian Pertahanan India mengatakan bahwa kapal Angkatan Laut telah menyelamatkan lebih dari 600 orang setelah gelombang setinggi delapan meter menghantam instalasi minyak lepas pantai.

Saat ini, sejumlah pesawat dan helikopter masih mencari 89 pekerja yang hilang dari sebuah kapal yang tenggelam.

Siklon yang tercatat sebagai yang terbesar menerjang India dalam beberapa tahun terakhir ini, telah memicu korban jiwa di berbagai wilayah, termasuk Kerala, Goa, Maharashtra dan Gujarat. Angin kencang yang dibawa topan ini menyapu rumah-rumah yang rapuh, menumbangkan pepohonan dan tiang listrik.

Otoritas Mumbai menutup sementara bandara di wilayahnya dan mengimbau warga tetap berada di rumah. Tidak hanya itu, otoritas Mumbai juga memindahkan sekitar 600 pasien Corona yang dirawat di rumah-rumah sakit darurat ke lokasi-lokasi yang lebih aman.

Ketinggian gelombang laut di Mumbai, tepatnya di kota tepi pantai Diu, dilaporkan mencapai 3 meter.

Sejauh ini, jumlah korban tewas dilaporkan mencapai setidaknya 33 orang termasuk seorang anak yang tertimpa tembok yang runtuh, seorang nenek berusia 80 tahun yang tewas akibat tertimpa tiang.

Lebih dari 16.500 rumah rusak, 40.000 pohon tumbang, dan hampir 6.000 desa mati listrik. Listrik telah kembali normal di sekitar 2.100 desa, tetapi ratusan ribu orang tetap tanpa listrik pada hari ini.

  • Bagikan