Tahun Depan, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGp

  • Bagikan
Sirkuit Mandalika. Foto : ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama

JAKARTA – Pergelaran MotoGp IndonesiaMotoGp Indonesia akan digelar tahun depan, tepatnya Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. Sebelum menggelar event besar tersebut, Mandalika akan menjadi tuan rumah ajang World Superbike (WorldSBK) pada 14 November 2021.

Dorna Sports dan Federasi Balap Motor Internasional (FIM) telah menginspeksi Sirkuit Mandalika demi memastikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP. Semua pihak sepakat MotoGP Indonesia akan digelar pada Maret 2022.

Sebelumnya, Indonesia direncanakan akan menggelar balapan MotoGP pada tahun ini. Akan tetapi, Indonesia beberapa kali harus masuk dalam posisi cadangan dalam jadwal kalender MotoGP 2021 yang diresmikan Dorna.

Namun, usai meninjau langsung kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP, pihak Dorna, FIM, dan Indonesia bersepakat untuk menggelar pada awal musim 2022. Hal itu pun sejalan dengan situasi yang tak menentu dengan pandemi Covid-19 sehingga debut Sirkuit Mandalika di MotoGP harus mundur.

Meski begitu, Sirkuit Mandalika yang dijadwalkan menggelar Kejuaraan Superbike pada tahun ini akan dilaksanakan sesuai jadwal. Rencananya balapan tersebut akan berlangsung pada akhir tahun, tepatnya 14 November 2021.

“Adapun target sementara Sirkuit Mandalika untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dunia World Superbike (WorldSBK), pada 14 November 2021 akan tetap terlaksana,” tulis pernyataan MotoGP dalam laman resminya, dilansir Sabtu (10/04/21).

“Namun, mengingat masih berlangsungnya pandemi Covid-19, semua pihak sepakat untuk menyelenggarakan ajang pertama MotoGP Indonesia di sirkuit ini pada awal musim depan, yaitu pada bulan Maret 2022,” sambung pernyataan tersebut.

Keputusan tersebut kemudian juga disambut baik oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Ia menyatakan mendukung penuh keputusan tentang penyelenggaraan MotoGP Indonesia pada Maret 2022.

Apalagi, hal ini juga sejalan dengan program vaksinasi Covid-19 yang tengah digencarkan pemerintah di seluruh Indonesia. Tentu saja, hal ini akan mendorong dan menjamin keselamatan seluruh pengunjung untuk menyaksikan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

“Saya mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP di bulan Maret 2022,” ucap Erick.

“Hal ini sejalan dengan program percepatan vaksinasi nasional oleh pemerintah Indonesia. Kami ingin menjamin keselamatan seluruh pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri,” pungkasnya.

  • Bagikan