HUT TNI AU, Kejuaraan Menembak Danki Paskhas

  • Bagikan
Pembukaan kejuaraan menembak Danki Paskhas oleh Sekda Aceh Utara, Murtala didampingi stakeholder lainnya. Foto;Kabarin.id/Rahmat Mirza

ACEH UTARA – Kompi Senapan B Batalyon Komando 469 Paskhas bekerjasama KNPI Aceh Utara, menggelar kejuaraan menembak Danki Paskhas Open Championship Piala KNPI Aceh Utara dalam rangka HUT ke-75 TNI AU.

Kejuaraan menembak tersebut dilaksanakan selama 3 hari, 9-11 April 2021 di lapangan tembak Markas Kompi Paskhas, Jalan Bandara Malikussaleh, Aceh Utara.

Dankipan B Yonko 469 Paskhas, Kapten Pas Agil G Gumilar mengatakan, Kejuaraan menembak danki paskhas bekerja sama dengan knpi aceh utara dengan tujuan dapat mempersatukan dan juga mengenalkan olahraga menembak kepada pemuda aceh utara dan sekitarnya.

Foto : Rahmat Mirza – Kabarin.id

Adapun kelas yang akan dipertandingkan yaitu kelas PCP Benchrest jarak 25 meter, kelas PCP Multiring, kelas Uklik Three Pose kemudian Pistol presissi TNI/Polri dan open club jarak 20 meter.

Dengan peserta yang dapat diikuti dari TNI/Polri, instansi Pemerintah, BUMN dan club menembak yang ada di provinsi Aceh. Acara pembukaan yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat 09 April 2021 yang bertepatan dengan hari ulang tahun TNI Angkatan Udara.

Menembak senapan angin dan pistol pada saat ini merupakan olahraga yang digemari dan mampu memberikan nuanssa baru dalam menjalin kekerabatan, mempererat tali silahturahmi dan persaudaraan antara TNI, Polri, instansi Pemerintah, BUMN dan juga masyarakat, apalagi mengingat kita akan menghadapi pekan olahraga nasional (PON) tahun 2024 yang akan di laksanakan di provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Foto : Rahmat Mirza – Kabarin.id

Besar harapan, acara ini nantinya dapat meningkatkan kualitas para atlet di bidang senapan angin dan pistol, kata Kapten Agil.

Selain itu, Ketua Perbakin Provinsi Aceh diwakili Seketaris Perbakin Aceh mengatakan, dengan adanya event ini tentunya nanti akan terjaring bibit atlet-atlet potensial yang akan dibina lebih lanjut lagi, kita ketahui bersama, saat ini, mempersiapkan diri sebagai penyelenggaran pon yang akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang, diperlukan juga menyiapkan para atlet guna berlaga dalam setiap cabang olahraga pada kegiatan tersebut.

Hal ini tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata, namun peran aktif pengurus pengcab perbakin dan club menembak menjadi kunci dalam setiap pembinaan atlit.

Oleh karena itu, kejuaraan menembak hut tni au open championship tahun 2021 merupakan sarana untuk me-melihara ketentuan-ketentuan tadi, sekaligus mengasah keterampilan, memupuk sifat-sifat empati, dan yang terpenting adalah mencari bibit-bibit atlet berbakat.

Situasi yang terjadi beberapa hari yang lalu, terkait dengan penyeran softgunnyangan mabes polri oleh sosok perempuan dengan senjata , saya menghimbau kepada seluruh anggota perbakin baik pengurus maupun atlet, tolong saga marwah organisasi perbakin, khusunya di aceh, ikuti dan patuhi seluruh aturan yang mehgiat kita sebagal anggota maupun atlet.

Jadikan wadah perbakin ini sebagai tempat mencari prestasi sebagi atlet dan juga tempat jadikan perbakin untuk gagahan mengancam menyalurkan hobi olahraga menembak, jangan dengan senjata dan berbuat kejahatan. Semoga event ini dapat berlangsung dengan aman, tertib, tepat waktu dan sportif sehingga menjadi landasan dalan memajukan prestasi dan organisasi perbakin aceh dimasa yang akan kejayaan.

Sementara itu, Bupati Aceh Utara dalam sambutannya yang diwakili Sekda Aceh Utara Murtala menyampaikan, apresiasi kepada jajaran TNI AU, khususnya Kompi Senapan B Batalyon Komando 469 Paskhas beserta jajarannya, yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan lomba menembak pada hari ini, yang dikuti oleh berbagai kalangan dan profesi, terutama dari satuan TNI/ Polri.

Foto : Rahmat Mirza – Kabarin.id

“Ini merupakan satu terobosan yang cukup penting dan strategis dalam rangka pengembangan olahraga menembak, baik sebagai hobi maupun olahraga prestasi, dalam rangka mencari bibit-bibit atlet pada masa-masa mendatang. Kita harapkan kegiatan ini bukan hanya menjadi ajang perlombaan untuk meraih kemenangan, akan tetapi yang lebih penting lagi adalah dapat menjadi sarana silaturahmí dan ajang tukar pengalaman, sekaligus untuk melanggengkan hubungan harmonis di antara kita semua,” ujar Sekda Aceh Utara.

Olahraga menembak sangat berpotensi untuk berkembang, bukan hanya di level nasional, tapi juga di daerah. Kita lihat hari ini betapa banyak peserta yang ikut ambil bagian dalam lomba menembak yang digelar oleh Kompi Senapan B Batalyon Komando 469 Paskhas.

Terbukti kegiatan ini disambut antusias masyarakat, terutama dari unsur TNI dan Polri. Pemerintah Kabupaten Aceh Utara sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, apalagi kalau dilaksanakan secara rutin dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit atlet yang nantinya akan mengharumkan nama daerah.

Dengan adanya perlombaan-perlombaan seperti ini, kita harapkan dapat memotivasi serta memacu kita semua untuk menempatkan cabang olahraga menembak makin diminati, sehingga pembinaan terhadap cabang olahraga ini dapat melahirkan atlet yang memiliki prestasi pada berbagai kejuaraan, baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional bahkan internasional.

Kemampuan menembak bagi seorang prajurit TNI-Polri merupakan tuntutan tugas. Kemampuan menembak semakin menunjukkan profesionalitas prajurit TNI/Polri yang pada gilirannya akan semakin meningkatkan kemampuan prajurit sebagai alat pertahanan dan keamanan negara

  • Bagikan