Hindari Makanan ini Agar Terhindar Dari Perut Kembung

  • Bagikan

SUARA adzan dan bedug Maghrib menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu bagi umat Islam di bulan puasa.

Keduanya merupakan penanda berbuka puasa di mana ibadah puasa yang mereka lakukan sejak matahari terbit telah selesai hari itu.

Tak jarang, karena rasa lapar dan haus yang melanda membuat sebagian orang langsung menyantap makanan yang tersedia dengan lahap.

Sebenarnya, berbuka puasa memang harus disegerakan, namun ini bukan berarti seseorang diperbolehkan untuk menyantap makanan dengan cepat dan secara berlebihan.

Selain karena Rasulullah SAW tidak mengajarkan demikian, kebiasaan makan cepat dan berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Hal ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan seperti melonjaknya gula darah hingga gangguan lambung seperti maag dan perut kembung.

Untuk itulah kita disarankan makan dengan perlahan supaya tidak makan secara berlebihan.

Di samping itu, ada juga beberapa menu makanan yang sebaiknya dihindarkan selama berbuka puasa karena dapat memicu kembung.

Melansir Arabian Business, berikut adalah daftar makanan yang dapat menyebabkan kembung dan masalah lambung.

Buah setelah makan

Pada dasarnya mengonsumsi buah memang baik untuk kesehatan karena mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh.

Hanya saja jika buah dikonsumsi setelah makan besar, hal itu justru dapat merusak saluran pencernaan.

Ketika buah dicerna bersamaan dengan lemak berat dan protein yang berasal dari lauk, kandungan gula dalam buah justru akan berada di perut untuk waktu yang lama sehingga menyebabkan kembung.

Kurma dan susu

Kurma dan susu bisa menjadi kombinasi yang sangat beracun jika tidak dikonsumsi dengan benar.

Jika kamu penggemar kurma dan susu untuk berbuka puasa, pastikan kamu memilih kurma yang sudah matang serta tambahkan kapulaga dan pala untuk merangsang pencernaan.

Keju dan kacang

Kombinasi keju dan kacang dapat menyebabkan perut ‘sibuk’ paling tidak selama delapan jam hingga menyebabkan perut sakit.

Alih-alih keju, coba pasangankan kacang dengan buah-buahan untuk kombinasi yang lebih baik.

Namun ingat, hindari kombinasi kacang dan buah dalam waktu satu jam setelah mengonsumsi makanan lain supaya manfaat keduanya bisa maksimal.

Kombinasi protein dan pati

Protein dan pati adalah dua jenis kandungan makanan yang membutuhkan tingkat keasaman berbeda untuk dicerna.

Ada baiknya jika kamu mengonsumsi protein tanpa lemak beserta sayur-sayuran untuk menghindari lonjakan insulin yang menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Makanan tinggi sodium

Kadar garam berlebih pada makanan dapat menyebabkan penumpukan cairan yang membuat perut terasa kembung, haus, dan pusing.

Selain itu, garam berlebih juga dapat memicu tekanan darah tinggi, batu ginjal, otot jantung membesar hingga gagal jantung.

  • Bagikan