Bungkam Persib, Persija Angkat Tropi Piala Menpora 2021

  • Bagikan
Persija Kampiun Piala Menpora 2021 Usai Bungkam Persib. Foto: Twitter/Persib Bandung

SOLO – Persija Jakarta melawan Persib Bandung pada leg II final Piala Menpora 2021 . Pertandingan penting itu berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/04/21), malam WIB.

Persija, yang menang 2-0 pada leg I, hanya butuh hasil imbang untuk menjuarai Piala Menpora 2021. Macan Kemayoran -julukan Persija- mendapatkan perlawanan berarti dari Persib yang bermain dengan 10 orang sejak pertengahan babak pertama.

Namun, Persija mampu mengalahkan Persib dengan skor tipis 2-1 pada leg II. Persija pun menang agregat 4-1 atas Persib sehingga berhak mengangkat trofi Piala Menpora 2021.

Persib, yang butuh mengejar defisit gol, memulai pertandingan dengan baik. Meski begitu, Persija justru mampu mendapatkan dua peluang matang pada delapan menit pertama pertandingan melalui aksi Taufik Hidayat yang sayangnya tidak berbuah gol.

Persib mendominasi penguasaan bola, tetapi Maung Bandung -julukan Persib- kesulitan untuk mendapatkan peluang matang di pertahanan Persija. Sementara itu, Persija mengandalkan serangan balik untuk mengancam Persib.

Persija bahkan hampir membuka skor pada menit ke-20, tetapi sundulan Riko Simanjuntak, yang memanfaatkan umpan silang Osvaldo Haay, gagal menembus gawang Persib. Selang dua menit, Persija diuntungkan dengan kartu kuning kedua yang diterima bak kanan Persib, Bayu Fiqri, karena melanggar Marco Motta.

Unggul jumlah pemain membuat Persija mendapatkan peluang emas lagi pada menit ke-34. Akan tetapi, Taufik kembali gagal menceploskan bola ke dalam gawang Persib.

Saat babak pertama mendekati akhir, Persija menurunkan tempo permainan dengan lebih banyak mengusai bola di daerah sendiri. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata.

lebih memilih untuk memainkan bola lebih banyak di daerah permainan sendiri. Persija tidak tergesa-gesa untuk melancarkan serangan.

Namun, saat melancarkan serangan, Persija mampu menciptakan gol pada menit ke-51. Osvaldo Haay, yang menerima umpan Riko Simanjuntak, membobol gawang Persib.

Setelah unggul, Persija tetap bermain dengan tempo yang lambat. Macan Kemayoran menjaga penguasaan bola sambil berusaha menemukan celah di pertahanan Persib.

Kendati demikian, jelang pertandingan berakhir, Persib lebih agresif dalam menyerang. Persib pun mmapu menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Ferdinand Sinaga pada menit ke-85. Setelah imbang 1-1, Persib berupaya untuk mendapatkan dua gol lagi demi memaksa pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Meski begitu, agresivitas Persib berbuah petaka karena kerja sama Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak mengembalikan keunggulan Persija pada menit ke-90. Nama terakhir mencatatkan namanya di papan skor. Pertandingan pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persija yang resmi menjadi juara Piala Menpora 2021.

Susunan pemain Persija vs Persib:

Persija (4-1-4-1): Andritany Ardhiyasa; Marco Motta, Yann Motta, Otavio Dutra, Tony Sucipto; Marc Klok, Braif Fatari, Rohit Chand Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay; Taufik Hidayat
Cadangan: Adixi Lenzivio, Yoewanto Seetya Beny, Salman Alfarid, Alfriyanto Nico, Sandi Sute, Novri Setiawan, Ramdani Lestaluhu, Heri Susanto, Maman Abdurrahman.
Pelatih: Sudirman

Persib (4-4-2): I Made Wirawan; Henhen Herdiana, Ahmad Jufriyanto, Victor Igbonefo, Bayu Fiqri; Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra, Beckham Putra Nugaraha, Frets Butuan; Ezra Walian, Wander Luiz.
Cadangan: Teja Paku Alam, Kakang Rudianto, Supardi Nasir, Mario Jardel, Ardi Idrus, Zalnando, Farshad Noor, Agung Mulyadi, Erwin Ramdani, Ferdinand Sinaga.
Pelatih: Robert Rene Alberts

  • Bagikan